Kumpulan Berita dari 1001buku

Launching Buku "Aku dan Pasukan Istimewa"

Launching Buku "Aku dan Pasukan Istimewa"

Rumah 1001buku mengadakan launching sebuah buku anak berjudul "Aku dan Pasukan Istimewa" di tanggal 29 Oktober 2016. Didukung dan bertempat di Hotel Sari Pan Pacific Jakarta, acara launching buku ini dihadiri oleh lebih dari 70 undangan dan relawan yang selalu mendukung Komunitas 1001buku.

Buku "Aku Dan Pasukan Istimewa" merupakan sebuah buku interaktif yang bercerita tentang pengalaman 4 penulis cilik (Dama, 10; Surya, 10; Uswatun, 12; Zahra, 12) dalam mengamati, berkenalan dan berteman dengan para atlet anak bekebutuhan khusus di Special Olympic Indonesia. Di Indonesia masih banyak stigma negatifdan memandang rendah anak berkebutuhan khusus; sehingga melalui photo diary dibuku ini, para penulis cilik akan mengungkapkan kekaguman mereka terhadap para atlet SOINA yang telah banyak mencetak medali emas di olimpiade dunia. Prestasi mereka jauh lebih gemilang dibanding atlet umum.

Buku ini menyuguhkan 4 tema cerita yang sangat universal dan humanis jujur dari pengamatan dan perasaan penulis cilik, yaitu tentang Senyuman beragam nan indah dari anak seribu wajah(downsydrome), tentang sebuah komunikasi yang unik yang tercipta dari keterbatasan para atlet bocah sehingga bisa menjadikan mereka sebagai "The Great Team", cerita tentang pengalaman berlari diatas salju saat musim dingin, dan tentang kisah kasih anak bekebutuhan khusus.

Buku ini bisa menjadi buku yang sangat informatif, membangun empati dan menciptakan interaksi anak-anak untuk mengenal dan berinteraksi dengan anak-anak bekebutuhan khusus (inklusi). Buku ini juga merupakan buku interaktif, di mana setiap pembaca anak dapat berinteraksi dan merespon "scrap item" yang ada pada buku tersebut. Interaksi bisa berupa terlibat dalam mengerakkan ikon karakter penulis, melakukan perjalanan menuju beberapa tempat di beberapa halaman buku, menulis komentar atas jurnal foto anak-anak dan menempelkan stiker di dalamnya, juga bisa menjadi album foto personal yang bisa membangkitkan interaksi antar pembaca. Kartu pos juga disiapkan didalam buku untuk bisa terus berinteraksi dan berbagi surat pembaca dengan 4 penulis cilik.

Buku ini diproduksi dan dicetak secara independen oleh 1001buku. Hasil pembelian buku akan di donasikan untuk kegiatan 1001buku, yang saat ini mengasuh lebih dari 500 taman baca anak di seluruh pelosok negeri.